Hujan Badai Melanda Arab Saudi Berikut 4 Hal yang Diketahui

Hujan Badai Melanda Arab Saudi Berikut 4 Hal yang Diketahui

Hujan Badai Melanda Arab Saudi, Berikut 4 Hal yang Diketahui

Hujan badai melanda wilayah Arab Saudi. Hujan badai deras disertai angin kencang dan badai petir parah itu menyebabkan sejumlah kerusakan di seluruh negeri. Hujan badai di Masjidil Haram, Makkah, juga berdampak pada jemaah umrah.
Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (22/8/2023) sekitar pukul 20.00 waktu Arab Saudi (WAS) atau Rabu pukul 00.00 WIB. Dalam video yang diunggah Haramain dan Al-Arabiya, nampak hujan turun sangat deras disertai angin kencang. Petir dengan suara yang begitu keras pun sesekali muncul.

1. Kerusakan Terjadi di Beberapa Wilayah
Sejumlah kerusakan terjadi di beberapa wilayah imbas hujan deras disertai angin kencang dan badai petir di Arab Saudi itu. Dilansir media Gulf News, Rabu (23/8/2023), Kota Makkah dan Jeddah serta beberapa wilayah lainnya terkena dampak terparah dari badai tersebut.
Sebuah video yang beredar di platform media sosial menunjukkan kekuatan angin yang dahsyat. Begitu kuatnya hingga mengangkat penghalang plastik yang berat. Embusan angin yang sama mengancam pergerakan jemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah.

2. Jemaah Umrah di Makkah Terdampak
Laporan sebelumnya juga menunjukkan badai debu menyelimuti wilayah Jeddah, dengan awan debu tebal memenuhi langit. Meski situasi badai petir di Makkah tampak mengerikan, ada momen indah di tengah kekacauan tersebut.

Saat Masjidil Haram diguyur hujan deras dan angin kencang, jemaah umrah tetap melanjutkan salat mereka. Sehingga tercipta pemandangan spiritual saat mereka salat di bawah guyuran hujan.

3. Kesaksian Jemaah di Masjidil Haram
Dalam video beredar lainnya, nampak beberapa benda yang ada di lokasi terbang dan berjatuhan. Bahkan saking derasnya hujan, jalanan dan mobil yang ada di sekitar kompleks Masjidil Haram tergenang oleh air karena banjir.

Salah seorang jemaah umroh asal Indonesia yang berada di lokasi, Syamsul Arifin membenarkan kabar tersebut. Syamsul mengatakan, hujan lebat yang terjadi di wilayah Makkah terjadi cukup lama.

“Ya betul tadi malam habis sholat maghrib foto ini dekat Masjidil Haram,” ungkapnya saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (23/8/2023).

“Petirnya kuat banget, dari sebelum maghrib. Hujan lebat dari maghrib sampai dekat Isya,” lanjutnya.

4. Peringatan Hujan Badai di Arab Saudi
Sebelumnya, pada Selasa (22/8/2023) pagi waktu setempat, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengeluarkan peringatan yang merinci kondisi cuaca di negara tersebut selama 24 jam ke depan. Pusat Meteorologi Nasional mengumumkan tingkat kewaspadaan tertinggi.

Badai petir disertai angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah seperti Madinah, Makkah, Asir, Jazan, dan Al Baha. Hujan badai di Arab Saudi terjadi pada Selasa (22/8/2023) sekitar pukul 20.00 waktu setempat atau Rabu pukul 00.00 WIB.